Thursday, May 5, 2011

Bedanya Rioja & La Rioja

Jika kita bicara soal wine dari Spanyol, hanya ada tiga daerah yang sangat mendominasi yaitu Rioja, Priorat, & Ribera del Duero - di antara ketiganya Rioja adalah yang paling ngetop, tak heran jika wine lain yang bukan dari Spanyol tapi pakai nama Rioja, pemerintah Spanyol langsung kebakaran jenggot dan para peminum wine jadi bingung.

Ysios Winery di Rioja Spanyol
Ternyata sudah 12 tahun belakangan ini pemerintah Spanyol bertarung dengan Argentina untuk nama Rioja ini karena di Argentina juga ada daerah penghasil wine yang namanya La Rioja! Yang bikin pemerintah Spanyol panik adalah hampir semua peminum wine selalu mengasosiasikan Rioja dengan Spanyol karena memang daerah ini sudah terkenal sejak tahun 873 AD, sedangkan La Rioja yang di Argentina baru kenal wine waktu penjajah Spanyol mulai tinggal di sana.

Sebetulnya dua daerah ini beda banget, Rioja di Spanyol terkenal dengan red wine yang dibuat dari Tempranillo (dan kadang dicampur dengan red grape lainnya seperti Garnacha Tinta) sedangkan La Rioja yang di Argentina terkenal justru karena white wine nya yang dibuat dari Torrontes yang fresh dan aromatic banget. Di Rioja Spanyol memang juga ada white wine, tapi dibuat dari jenis grape Macabeo.

Apakah kita yang di Indonesia perlu ikut-ikutan bingung? Tentu tidak, karena wine dari La Rioja Argentina tidak tersedia di sini :)

Tapi kalau pas Anda ke luar negeri, jangan sampai salah pilih, ya. Teliti dulu labelnya. Liat asal negaranya, karena sepintas mirip banget. Dua-duanya ditulis pakai bahasa Spanyol sih.

1 comment:

  1. Hi Yohan,

    Great post on Bedanya Rioja & La Rioja! Please e-mail me at natdecants@nataliemaclean.com. It’s about wine of course :)

    Cheers,
    Natalie

    ReplyDelete